Senin, 13 Februari 2012

POWER STEERING (bunyi ketika stir di putar k kiri/knan,tapi setir tidak berat)

Power steering merupakan peralatan hidrolik untuk meringankan sistem kemudi. Kerja sistem kemudi yang menggunakan teknologi power steering ini berdasarkan mekanisme gabungan antara hidrolik dan mekanik. Keduanya bekerjasama untuk menghasilkan putaran kemudi yang ringan. Secara umum komponen power steering sebuah mobil terdiri dari: Pump, Hose (Selang tekanan tinggi dan rendah) Power Steering Mazda Interplay 1992 (sesaat setelah diperbaiki) Power Steering Mazda Interplay 1992 (sesaat setelah diperbaiki) Nah, kendala mobil saya adalah bunyi ngung…ngung atau berdengung saat setir diputar ke kiri atau ke kanan. Suatu hari, saya pergi ke Atrium Senen toko yang namanya “NEW APOLLO” yang menjual khusus spare parts MAZDA – FORD. Saya beli Bosch Arm, depan kiri. Harganya Rp. 35.000. dan Link Netral Tengah Rp. 140.000. Nah, yang masang itu Namanya Umar, di Proyek Senen Blok V Lt. V. Umar dan rekannya yang telah menipu saya Umar TUKANG TIPU Sambil memasang bosch arm tersebut, terjadilah dialog berikut ini: Erik: “Pak Umar, bisa betulin power steering gak?” Umar: “Bisa. Emangnya kenapa power steeringnya”(dengan logat padangnya yang kental. Jadi kalo dia ngomong itu cepat sekali kesannya, karena logatnya itu) Erik: “Begini pak. Saya nyalakan mesinnya lalu bapak dengarkan keluhan yang saya maksudkan.” Umar: “Ok, coba.” singkat cerita, Pak Umar menyebutkan angka Rp. 475.000,- (Rp. 150.000 untuk ongkos pasang bosch arm & link netral tengah Rp. 325.000 untuk 1 selang tekanan tinggi yang ke power steering, 1 selang balik, dan pemasangan). Saya percaya saja, keterangan yang diberikan sangat meyakinkan. Belakangan saya ingat-ingat lagi, sebenarnya saya gak begitu nangkap apa yang dia bilang karena logat padangnya yang membuat kata-katanya meluncur cepat, dan saya cuma bisa denger “ya kan!” “Ya sudah. Kerjain deh pak.” Kata saya. Setelah dibongkar dan dipasang selang custom made dari pak umar, eehhh masih bunyi nguk….nguk…ngung…ngung malah MAKIN KERAS. Kesal! Yang buat kesal adalah waktu yang diperlukan untuk itu semua adalah 5 jam. Lalu dia bilang “Ok, kita copot lagi selangnya lalu kita coba perbesar lagi rongganya.” Waktu sudah menunjukan pukul 5 sore dan sudah mulai gelap. Waktu itu hujan besar di daerah senen. Saya ada jadwal mengajar jam 7pm. Terpaksa dengan kondisi power steering yang sama, saya pergi dan besok akan datang lagi. Besoknya, dicopot dan dibawa lagi selangnya, lalu setelah 2 jam, datanglah selang itu dan dipasang lagi. Pemasangan selang sendiri memakan waktu 2 jam. Setelah itu, BUNYINYA tidak hilang!! Karena jam 7pm ada jadwal ngajar, terpaksa harus pergi dengan kondisi mobil yang masih sama dengan awal. Bahkan bunyinya lebih keras dikit. Besoknya saya datang lagi dan kali ini saya beli dulu selang tekanan tinggi yang asli di APOLLO Motor. NEW APOLLO di atrium senen lantai 5 NEW APOLLO di atrium senen lantai 5 Sebelumnya, dari pagi saya keliling Jakarta. Mulai dari BOTAK SENG di Jatiwaringin (Rp. 1.250.000 untuk pompa dan selang tekanan tinggi termasuk ongkos pasang), PIRANTI STIRINDO UTAMA di Jln Raya raden Inten No. 60 Duren Sawit (Rp. 174.000 untuk servis pompa, Rp. 800.000 untuk ganti pompa), sampai SIBERS MOTOR, di Jln. Kolonel Soegiono, seberang RS. Duren Sawit (tutup hari minggu). Nasihat dari semua ahli power steering itu adalah “Lihat pompanya, kalau goyang pasti bunyi” Sampai di lantai 8 Blok V pasar senen, saya minta high pressure hose yang asli yang baru saya beli itu untuk dipasang. Eh, dia gak masang sendiri, malah nyuruh asistennya yang masih bodoh tuk masang. Alhasil, 4 jam dia masang selang tekanan tinggi itu doang!! Gila! Mazda Interplay Mazda Interplay Selang tekanan tinggi yang melintang di atas tabung oli power steering Selang tekanan tinggi yang melintang di atas tabung oli power steering Setelah 4 jam berlalu dan masih bunyi…. Grrrr dia lihat kalau poli di pompa power steering goyang. Pompa power steering yang rusak (polinya goyang) Pompa power steering yang rusak (polinya goyang) Trus dengan enaknya dia bilang (setelah ganti selang dua kali, terus dibeliin selang tekanan tinggi yang asli tuk dipasang, trus 3 hari bolak-balik dan harus cuti kerja, nunggu berjam-jam bengong) “Kayaknya harus ganti pompa power steering nich… Besok kesini aja tapi agak siang karena saya mau cari pompa copotan singapore dulu.” GUBRAK!! Gila nich orang! Emang hidup gw cuma untuk bolak-balik ganti selang power steering doang! Wah! KAPOK DECH! DUH GUSTI…. KAPOK!! Di tempat pak ahsen di New Apollo di atrium, saya ceritakan apa yang telah terjadi selama 3 hari belakangan ini. Lalu dia telpon seseorang lalu bilang ke saya. “Ini no telp, tempat dan alamat pak ahien di pasar kemayoran. Ganti pompa Rp. 275.000, ongkos pasang Rp. 50.000,- Saya langsung bawa mobil dan hasilnya? Tokcer. Mobil saya jadi halus lagi bunyinya. Nah, semoga pelajaran berharga ini bisa jadi hikmah bahwa: 1. JANGAN PERNAH dengerin tawaran montir yang menyapa kita saat kita lagi beli onderdil mobil di atrium senen ataupun di Pasar Mobil Kemayoran. 2. Jangan terburu-buru. Cari dulu data sebanyak-banyaknya tentang onderdil tersebut. Bisa dari internet, atau datangi bengkel yang memang spesialisasi di bidang tersebut. Mintalah input sebanyak-banyaknya. Luangkan waktu sejenak dan bertukar-pikiranlah dengan orang yang lebih pengalaman di bidangnya. 3. MAU CARI POMPA POWER STEERING yang TOKCER?? dan yang gak gila-gilaan harganya?? Nih saya kasih tahu tempatnya. Tapi cuma buat Mazda, Ford dan Timor. Belilah pompa power steering MAZDA INTERPLAY 1992 disini Belilah pompa power steering MAZDA INTERPLAY 1992 disini New Apollo (Pak Ahsen) dan Naga Mas Motor (Pak Ahien) adalah tempat yang saya tuju untuk keperluan onderdil MAZDA INTERPLAY 1992 saya. Pak Ahsen itu ramah, apa adanya atau jujur, dan edukatif. Artinya, kalo kita datang untuk beli sesuatu yang harganya mahal atau di atas Rp. 100.ooo, atau ada bagian yang masih bisa dipakai, dia akan bilang. “Emang udah rusak bener? Coba di ganti klahernya aja atau coba diganti karet-karetnya dulu. Dan dia gak sungkan-sungkan untuk memberitahu toko yang menjual alat yang kita butuhkan. “Oh mau beli shock breaker? Di toko … aja, barangnya sama tapi lebih murah 50rb. Coba aja deh kalo gak percaya muter2 tanya sendiri.” Oh, mau beli selang karet? Oli? Oli gemuk? di toko …. aja lebih murah 5rb. Memang uang itu gak seberapa, tapi perhatian dia pada masalah saya, dan masukkan2 dia itu yang sangat saya hargai. Dia gak cuma cari untung dan lepas tangan. Dia cari hubungan dengan konsumen. Dia tahu sengitnya persaingan, & susahnya cari langganan. Dia menanam benih tidak hanya pada pikiran kita, tapi pada hati kita. Otak kita terbatas dan bisa lupa. Tapi hati kita yang sudah tersentuh dengan kebaikan orang, akan susah untuk lupa karena kita utang budi. Makanya setelah power steering saya beres, saya beliin dia dan istrinya Molen dari Holland Bakery di lantai dasar Atrium Senen, he..he..he.. Pak Ahsen dari New Apollo itu tanpa dia sadari telah melakukan strategi pemasaran yang paling efisien dan efektif yang banyak dipakai oleh perusahaan jasa saat ini. “Customer retention with WOM (Words Of Mouth)”. Terbukti, banyak orang yang puas dan jadi pelanggannya…. Kita jadi ikhlas dengan keuntungan yang dia dapatkan, karena kita dapat apa yang kita mau dengan kualitas bagus dan dengan sedikit dibawah harga pasar. Ok, salam super!

2 komentar:

New Apollo atrium senen, APOLLO Motor, NEW APOLLO atrium lt. 5, ini toko onderdil yg sama ato beda sih?
Pertama dtg ke New APOLLO, yg terakhir ketemu Pak Ahsen di New APOLLO, toko yg sama dg awal ato beda?

Powersteringku bunyi krek krek kayak habis minya tapi minyakya banyak gak ada bocor knapa itu ya mohon infonya??

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More